Perbandingan Manusia dengan Komputer (IMK)

by - 22.45




Perbandingan komputer dengan manusia

1. Incriedible fast - Incriedible slow
            Pada perbandingan antara komputer dengan manusia adalah dari segi kecepatan dan kelambatan nya.Pada komputer koneksi yang terhubung itu dikoneksi kan atau pun berjalan sangat cepat dan tidaklambat dalam memproses suatu data
, sedangkan pada manusia terkadang koneksi yang terhubung keotak agak lambat dan membuat kecepatan dalam memproses suatu data atau suatu koneksi terkesan lebih lambat dibandingkan komputer.
2. Error Free – Error Prone
            Perbandingan disini adalah perbandingan dari segi kesalahan antara kemampuan computer dengan manusia. Pada perbandingan dari sisi komputer kesalah yang ditemukan sangat jarang atau mungkin hampit tidak mungkin ditemukan, karena computer adalah suatu alat yang sangat canggih dan akurat dalam menemukan, mencari ataupun memproses suatu data. Sedangkan pada manusia banyak ada suatu kekurangan, misalnya kesalah dalam mengingat. Manusia yang suka lupa itulah yang menjadi suatu rawan kesalahan dan ketepatan juga ke akuratan dalam melakukan sesuatu dalam dirinya.
3. Deterministic - Irasional
            Perbandingan antara computer dan manusia adalah dalam ketepatan nya. Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya sistem computer. Pada sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti. Sedangkan pada manusia adalah sifat yang irasional, yaitu dapat diterima oleh akal dan pikiran dapat dipahami sesuai dengan kemampuan otak.  Hal-hal yang rasional adalah suatu hal yang di dalam prosesnya dapat dimengerti sesuai dengan kenyataan dan realitas yang ada.


4. Alphabetic  - Emotional
            Pada perbandingan disini antara komputer dan manusia adalah dalam sifat yang mereka keluarkan. Pada komputer terdapat alpabetik yaitu dimana suatu system computer yang menampilkan hal-hal yang berbau alphabetic maupun numeric, yaitu suatu hal yang disalurkan menjhadi berupa suatu angka-angka ataupun huruf. Seperti karakteristik yang terdapat pada komputer, seperti alternative pada keyboard ataupun system komputer didalamnya. Sedangakan pada manusdia sifat dan kataristik nya tidak bersifat abadi, pada manusia masih terdapat emosional dan sifat pada manusia itu sendiri tergantung keadaan nya. Dimana sifat emosional nya yang bermacam-macam dan tidak dapat diterjemahkan seperti layaknya komputer karena manusia mempunyai perasaan terhadap sesuatu.
5. Literal - Inferential
            Pada maksud perbandingan disini adalah dimana dari  system komputer sifat literal adalah suatu rangkaian kata atau huruf yang menyatakan suatu nilai. Seperti menyatakan suatu bilangan bulat, angka maupun suatu kalimat. Sedangkan Inferentia (dapat disimpulkan) adalah suatu sifat dari manusia yang mempunyai pendapat sendiuri dan menyimpulkan hasilnya sendiri. Dengan kata lain manusia itu bersifat kompleks, kita dapat menilai sesuatu yang terkadang tidak semua manusia mempunyai pendapat yang sama dan dapat dimengerti atau disimpulkan dengan sendirinya.
6. Sequential  - Random
            Pada komputer sifat Sequential merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini, data yang ada akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama, demikian pula dengan data berikutnya yang juga akan disimpan ditempat berikutnya. Sedangkan pada manusia, ingatan atau data yang disimpan itu acak dan tidak tertata dan secara langsung, misalnya manusia dapat mengingat suatu kejadian yang akan disimpan dalam memori otak dalam jangka panjang ataupun dia hanya akan mengingat pada saat kejadian itu saat berlangsung saja.


7. Predictable - Unpredictable
            Pada komputer terdapat sifat Predictable atau terprediksi, yaitu suatu system komputer dimana dapat melakukan seautu yang terprediksi seperti dapat membaca suatu sifat  dan juga kemampuan menghitung suatu molekul ataupun sifat kerja yang saling terhubung satu sama lain yang berkemungkinan dapat terprediksi oleh komputer secara otomatis. Sedangkan pada manusia , mereka tidak dapat terprediksi atau dengan kata lain tidak mudah ditebak dengan akurat ataupun tepat, karena manusia itu abstrak. Mereka tidak begitu tahu bagaimana mereka dapat merasakan sesuatu karena manusia mempunyai pandangan masing-masing.
8. Amoral - Ethical
            Pada komputer terdapat amoral, yaitu dimana suatu system komputer itu tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau dengan kata lain komputer akan bekerja atau melakukan suatu proses tersebut apabila dia diperintahkan dan diberitahu apa yang harus dilakukan. Sedangkan pada manusia itu terdapat sifat etis atau beretika yang baik, yaitu dimana manusia tahu apa yang harus dilakukan nya tanpa perintah atau pun pemberitahuan, seperti manusia itu akan minum jika dia merasa haus.
9. Stupid – Intelligent
            Komputer itu tidak bodoh melainkan komputer itu tidak secerdas atau sehebat manusia walaupun komputer dapat memproses suatu data dengan cepat, tepat dan akurat ataupun dapat menyimpan memori yang sangat banyak dan dapat disimpan secara permanen dan dapat diingat kembali. Walaupun manusia itu sangat kompleks dan susah untuk dimegerti dan masih mempunyai banyak kekurangan dalam mengingat suatu memori atau kejadian, tidak akurat dan tepat dalam melakukan sesuatu namun manusia itu dapat menciptakan suatu alat bantu yang canggih seperti kjomputer. Kelebihan dan kekurangan pada masing-masing itu dapat ditutupi dan dibantu dengan system dan kecanggihan yang ada pada jaman ini. Terutama berkembang pesat nya teknologi yang dapat memperbarui suatu peradaban dalam kehidupan manusia dimasa yang akan mendatang.

You May Also Like

0 komentar